Kamis, 08 Januari 2009

NGELMU “JUMPING” loncatan yang lebih dari biasanya Cen rodo aneh,,,,,,,, Oleh mas Burhan, januari 2009 (jilid 1)

Sebelum membaca tulisan ini, sebaiknya baca dulu (Tul : Sebab Akibat dan Mangga,,…tentang pelem dikarbit dan CHANGE….. yang telah dikeluarkan sebelumnya……
Orang di dunia ini tentu amat sangat bermacam-macam dalam segala hal (bhinneka tunggal ika-lah)

- ada yang pinter bahkan super pinter ,,,,banyak yang bodo
- ada yang kaya dan super kaya,,,buanyak yang miskin
- ada yang huuebat,,,buanyak yang tidak hebat,,,,,,dan lain-lain.
Dari orang yang bermacam masing masing mempunyai prinsip hidup/ moto hidup yang berbeda-beda. Dan kadang berubah-ubah setiap waktu atau tetap sepanjang waktu sangat tergantung perjalanan hidupnya..

I. Beberapa moto hidup…..(moto umum loo…)

1. Misalnya ada orang punya moto “hidupku kayak air mengalir”, kemana aku hidup ke situkah aku mengikuti. Ada keunggulan moto ini misalnya Bahwa air mempunyai kekuatan yang hebat, bisa meruntuhkan batu walau sedikit demi sedikit dan lama, sehingga dibutuhkan kesabaran yang hueebat tuk melakukan sesuatu. Kelemahan moto ini adalah kadang kita membiarkan hanyut di air tuk mengalir kemanapun air suka…(bukan kita yang mengarahkan, tapi air yang mengarahkan), dan kadang arah airpun kemana…… menjadi alasan tuk kita hanyut. Kalau hanyutnya dalam kebenaran dakpapa, tapi kebanyakan hanyut dalam kenikmatan dunia yang kurang tepat. Jadi hanyut yang diarahkan menuju kesemuan aja,,,wah,sok filosofis,,he,,he

2. Hidup kayak pohon pisang. Batang/debok pisang dipukuli or digarit garit tetap kuat, dipotong pun akan tumbuh lagi. Pohon pisang baru mati setelah berbuah-setelah merasa member manfaat pada pihak lain dan dia pasti akan menurunkan keturunannya/tunas pisang. (detilnya lihat tulisan saya tentang Pohon Pisang)

3. Hidup kayak kupu kupu, orang puasa sering menggunakan perumpamaan kupu2. Kelebihan moto ini adalah bahwa setiap orang yang moralnya kurang baik (ulat) kemudian kepompong (puasa) bisa menjadi lebih baik (kupu2). Tapi kebanyakan ilustrasi tersebut hanya berhenti di kupu2,,padahal kupu2 kan juga bertelur la telurnya akan menjadi ulat dstnya. (detailnya liat tulisan saya kupu-kupu)

4. Hidup kayak lebah. Ilustrasi lebah ini sering digunakan sebagai penghasil madu, kemudian tak boleh diganggu-kalau diganggu marah (menyengat). Dan selalu hinggap ditempat yang bersih. Organisasinya mapan-rumahnya juga member inspirasi pada bidang ilmu lainnya (sipil-arsitektur dll). Ada penelitian yang mengatakan bahwa perubahan lingkungan (polusi) akan mempengaruhi pada hasil madu dan perilaku lebah tersebut. Jadi pertahanan kualitasnya pada titik tertentu menjadi kurang ‘pas’

5. Hidup pragmatis ada dua jangka pendek dan jangka panjang. Pragmatis jangka pendek adalah hanya berpikir bagaimana besok makan. Kalau pragmatis jangka panjang sebatas target-target duniawi saja yang sebatas sekitarnya.

6. Tidak punya moto hidup

7. Danlain lain

Beberapa contoh diatas hanya sebagian kecil moto hidup seseorang. Ada juga orang mempunyai beberapa moto hidup. Ada juga orang punya moto hidup tapi tidak menyadarinya, dan lain-lain.

II. Apa itu ‘NGELMU JUMPING”(dalam arti +)
Jumping adalah loncatan. Jadi kalau urutan langkah dari yang rendah adalah diam-jalan lambat-jalan-jalan cepat-lari-dan jumping.
Apa bedanya :
• Diam, langkah hidupnya lebih banyak menjadi benalu bagi yang ditumpangi. Sama sekali tidak ada langkah tuk berbuat apapun tuk menghasilkan sesuatu. Sederhananya seperti pengemis.

• Jalan lambat, dia ikut orang lain (bekerja pada orang lain) dengan benar tetapi karena keadaan or karena takut sehingga tidak ada satu ide apapun tuk meningkatkan karir di pekerjaannya. Hanya sebatas ikut kemana air mengalir tanpa protes dan tanpa ide baru. Mungkin seperti robot tapi manusia.

• Jalan, dia juga bekerja pada orang lain dengan benar dan ada sedikit ide yang membuat tempat kerjanya lebih bergairah. Idenya baru sebatas mengairahkan kerja dirinya dan sekitar dalam arti terbatas dan belum terekpos keluar atau belum memberi inspirasi pada orang lain.

• Jalan cepat, ini bisa dua hal yaitu bekerja pada orang lain dan bekerja di usahanya sendiri. Bekerja pada orang lain dengan memiliki ide yang sering dipakai demi kemajuan perusahaannya. Tentunya orang ini telah mencapai level tertentu agar idenya digunakan misalnya kepala bagian / direktur (bukan ekor harimau tetapi badan or leher harimau-lah). Atau orang yang memiliki usaha sendiri walau kecil, dimana dia bisa mengembangkan idenya tuk memajukan usahanya (kepala ayam kecil2lan). Usaha itu luas bisa jenjang pendidikan, bisa ekonomi, bisa ketokohan dan lain-lain. (lihat tulisan saya lebih baik menjadi kepala ayam daripada ekor harimau)

• Lari, ini berupa orang yang mencapai top level pada bidangnya yang berjenjang teratur. Misalnya kalau pendidikan ya doctor/professor. Kalau ekonomi ya kaya/pimpin industry kecil/besar. Kalau politik ya jabatan strategis dll. Tentunya tuk mencapai ini dengan standar baku yang ada di masyarakat/Negara.

Jumping, ini merupakan kenaikan level yang bisa dikatakan ajaib (loncat dari biasanya). Amat jarang orang mengalami hal ini, bahkan sulit kalau direncanakan. Kadang jumping datangnya tiba2, kalaupun direncanakan perlu ekstra kerja keras. Perlu orang yang tahan banting.
Beberapa orang mengalami sekali jumping, ada pula yang beberapa kali jumping. Jumping disini berupa loncatan yang lebih dari biasanya yang kadang tidak disangka2….kadang dia sendiri berpikir-kaget koq aku bisa menjadi ini sihh,,,,,kaget pada dirinya sendiri.
Jumping/loncatan bisa berupa ekonomi, politik, social, pendidikan atau lainnya. Setiap manusia dapat mengalami jumping dan pasti diberi kesempatan tuk jumping tapi kita kadang tidak menyadarinya.

Beberapa contoh orang yang mengalami jumping (walau sebagian dah surut lagi loo)…..
1. Nabi Muhammad, setelah berdiam diri di gua qiro’ kemudian disemangati istrinya, mengalami jumping dech
2. Isaac Newton, setelah melempar apel timbul inspirasinya hokum newton (gravitasi). Mirip dengan Archimedes, byuuur-eureka……
3. AA Gym
4. Barack Obama
5. Kamu sendiri
6. Teman kita
7. Kita (bisa koq jumping kecil2 lan)
Bersambung……………………………………..

III. Bagaimana kita bisa JUMping
IV. Kesimpulan

Bersambung jumping jilid 2.....tunggu aja,,,ya

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum. wah keluarga bahagia nih....selamat ya